GUNUNG PRAHU VIA PATAK BANTENG

Gunung Prau 2.565 MDPL terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, pembatas antara kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang.

Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng adalah salah satu jalur favorit bagi para pendaki dan merupakan salah satu jalur yang singkat /pendek.

beberapa alternatif menuju basecamp Patak Banteng

1.    Menggunakan kereta api dari Jawa Barat / Jakarta

Turun di stasiun Purwokerto / stasiun kutoarjo / stasiun Semarang, kemudian menuju terminal lanjut naik Bus jurusan Wonosobo. setelah sampai di terminal Wonosobo, kalian bisa naik microbus maupun angkutan umum menuju lokasi.

2.    Dari JABODETABEK

Naik Bus Tujuan Wonosobo lalu turun di Taman Plasa Wonosobo lalu lanjut naik angkutan umum/ microbus menuju basecamp Patak Banteng.

3.    Dari Semarang

Kalian bisa pilih dengan naik bus jurusan Wonosobo atau bisa ke Arah Weleri kemudian naik bus Arah Wonosobo dan turun di Pertigaan Parakan kemudian naik angkutan menuju basecamp patak banteng (dieng)

4.    Dari Jogja / Solo

Sama seperti jalur Bus di atas, meunuju ke terminal Wonosobo dan dilanjutkan seperti rute berikutnya.

5.    Dari Purwokerto

naik Bus Jurusan Wonosobo namun turun di Pertigaan Klenteng sebelum masuk kota Wonosobo,lalu lanjutkan menggunakan microbus menuju patak banteng

6.    Dari Jawa Timur

Naik bus jurusan Semarang atau Solo Jogja lalu kemudian lanjutkan seperti rute diatas

BASECAMP - POS 1

Pendakian awal dimulai dari menyusuri perkampungan/ pemukiman warga

perjalanan sekitar 500 meter sebelum akhirnya kita berjumpa dengan jalur makadam atau jalur kendaraan. Jalur makadam yang lebar yang difungsikan untuk transportasi Ojek maupun transportasi untuk hasil pertanian.

setelah sampai di penghujung makadam (tempat regrsitrasi / pengecekan tiket pendakian), jalur berupa tanah padat dan samping kanan kiri dipenuhi ladang penduduk untuk bercocok tanam.Jika musim kemarau jalur ini sangat berdebu dan licin ketika musim penghujan.

perjalanan menuju pos 1 membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit

POS 1 - POS 2

Jalur pendakian masih berupa tanah dan berbentuk tangga, disepanjang jalur ini banyak kita jumpai warung2 yang menyediakan beberapa makanan bagi para pendaki.

Pos 2 atau disebut Canggal Walangan ini berupa lahan lapang kecil yang didominasi pepohonan pinus

setelah Pos 2 ini akan kita jumpai jalur pendakian yang terus menanjak sejauh mata memandang

perjalanan dari Pos 1 menuju pos 2 sekitar 45 menit

POS 2 - POS 3

Jalur menuju pos 3 ini lebih terjal daripada jalur sebelumnya, jalur ini juga banyak kita jumpai akar akar pepohonan yang nampak disepanjang jalur pendakian

Pos 3 "CACINGAN" ini tak jauh berbeda dengan POS 2, beruba lahan kecil yang bisa untuk mendirikan 2-3 tenda. waktu tempuh kurang lebih 60 menit

POS 3 - CAMP SUNRISE

Jalur akan nampak berkelak kelok berbentuk tangga, jalur ini sudah beberapakali diperbaiki oleh pihak setempat karena memang sering terkikis seiring hujan dan banyaknya pendaki. disini juga terdapat tali webbing untuk membantu para pendaki ketika melewati jalur ini

waktu tempuh kurang lebih 60 menit

tempat ini adalah spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit

camp sunrise ini juga terdapat Tugu untuk menandakan bahwa area ini adalah area Puncak Gunung Prau.

Demikian catatan seputar Gunung Prahu Via Patak Banteng

Tiket pendakian 30rb

parkir motor 10 rb

toilet 2rb

ojek 25rb

*harga bisa berubah sewaktu - waktu sesuai kebutuhan mauoun peraturan daerah setempat

Semoga bermanfaat untuk kita semua, jika kalian membutuhkan Jasa antar jemput pendakian, Guide maupun Jasa porter, kami siap melayani dengan vasilitas sesuai kebutuhan dan bisa menyesuaikan sesuai buget